Rabu, 10 Agustus 2011

PM thailand yang baru cantik Lhoo


Yingluck Shinawatra secara resmi dilantik sebagai perdana menteri wanita pertama Thailand. Pelantikan dilalui dengan prosesi upacara penghormatan di depan altar raja, Bhumibol Adulyadej.
Upacara yang dilakukan kemarin, 8 Agustus 2011, juga menandakan restu raja terhadap terpilihnya Yingluck sebagai perdana menteri.

Dihadiri para pejabat, keluarga, dan staf kerajaan, Yingluck menyembah altar dengan foto besar Bhumibol yang terpampang di dinding.

Yingluck berjanji akan memimpin Thailand menuju perdamaian dan rekonsiliasi negeri, mengingat Thailand saat ini terpecah menjadi dua kubu, pendukung dan anti Thaksin Shinawatra.

Perempuan berusia 44 tahun itu berhasil membawa kemenangan mutlak bagi partainya pada pemilu 3 Juli lalu sekaligus mengalahkan Partai Demokrat, yang dipimpin perdana menteri sebelumnya, Abhisit Vejjajiva.

Partai Pheu Thai menguasai 265 dari 500 kursi di DPR. Bila dihitung bersama dengan mitra-mitra koalisi, Pheu Thai meraih 300 kursi, lebih dari cukup untuk membentuk mayoritas absolut yang bisa menentukan kabinet baru.

Video upacara pelantikan dapat dilihat di tautan ini.
loading...

Artikel Terkait

Posting Terbaru