Minggu, 14 Juni 2015

Review Samsung Galaxy S6 vs HTC One M9 : Ponsel manakah yang bakal Anda pilih?

Review Samsung Galaxy S6 vs HTC One M9 - Pada waktu lalu, Mobile World Congress telah mengumumkan kabar heboh yang didapat dari dua vendor gadget smartphone raksasa di dunia, yaitu Samsung dan HTC. Keduanya memang meluncurkan perangkat andalan terbaru mereka. Dengan tanggal peluncuran yang sama, mereka pun ingin mendominasi tahun 2015 ini dengan perangkat terbaru mereka tersebut.

Sekarang kami bakal membandingkan kedua perangkat terbaru tersebut, sehingga ini bisa membantu Anda dalam memutuskan ponsel mana yang akan Anda pilih sebagai aksesoris kebutuhan primer Anda dalam urusan komunikasi. Sebelum membahas lebih jauh, jika saat ini Anda dihadapkan pada dua pilihan ponsel HTC One M9 atau Samsung Galaxy S6, ponsel manakah yang akan menjadi pilihan terbaik Anda? Bingung? Iya sama, saya juga, hehehe ...

Samsung Galaxy S6 jelas terlihat menonjol dari generasi sebelumnya, dan terdapat sejumlah fitur utama yang menjadi pembeda dari persaingannya, sementara dari generasi sebelumnya Galaxy S6 edge telah mengambil beberapa hal untuk ditingkatkan sepenuhnya dalam hal desain terbarunya.

Well, pada artikel ini kami secara khusus membahas tentang perbandingan (keunggulan) dari masing-masing ponsel tersebut, yang mana dikabarkan bahwa keduanya memiliki kemiripan dalam urusan desain, user interface, prosesor, dan lain-lain. Bener nggak sih? Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan kami seputar Samsung Galaxy S6 vs HTC One M9 berikut ini.

Review Samsung Galaxy S6 vs HTC One M9 : Ponsel manakah yang bakal Anda pilih?

Samsung mengubah, HTC menghaluskan

HTC memiliki desain yang menonjol dengan ponsel HTC One M8 dan melakukan peningkatan dari semua sektor untuk ponsel HTC One M9. Terdapat presisi dan kualitas finishing yang sangat jarang dilakukan oleh vendor gadget lainnya, yang membuat ponsel besutan HTC ini menampilkan desain cover bodi ponsel dengan logam yang terlihat mewah.

Sedangkan Samsung melakukan perubahan pada ponsel andalannya, dan hal itu benar-benar terwujud. Mengusung sebuah bingkai logam Gorilla Glass 4 di bagian depan dan belakang pada perangkat ponsel, yang merupakan sebuah perubahan besar bagi Samsung dalam hal desain. Apa yang dilakukan Samsung ini memang mengundang sejumlah kritikan pedas terhadap ponsel andalannya ini.

Dari kedua ponsel tersebut, memang jelas sekali perubahan besar yang terlihat dari Samsung merupakan hal yang lebih dramatis, karena SGS6 adalah perangkat yang membawa tampilan baru untuk merek mereka, di mana HTC bisa dituduh beristirahat pada kemenangan. Dan Samsung terasa baru, namun HTC merasa familiar.

Mengenai bodi dari kedua ponsel, Samsung Galaxy S6 memiliki dimensi bodi 143.4x70.5x6.8 mm dan berbobot 138 gram. Sedangkan ponsel HTC One M9 lebih besar dan berat, yang mana memiliki dimensi bodi 144,6x69,7x9.61 mm dan bobotnya 157 gram. Dalam hal ini, Samsung lah lebih unggul dari HTC untuk sementara. Tapi, tidak ada yang menyangkal pada kualitas dan perhatian terhadap detail dari HTC.

Kecanggihan prosesor: Samsung maju lebih santai dari HTC

Kedua ponsel HTC dan Samsung menawarkan prosesor yang sama, yakni Octa-core dengan chipset 64-bit pada masing-masing ponsel. Tapi, kini HTC telah menggunakan Qualcomm Snapdragon 810 dengan kapasitas RAM sebesar 3GB.

Samsung telah membuat keputusan untuk membuat perpindahan prosesor dari Qualcomm, bukan menggunakan hardware Exynos untuk prosesor ponsel terbarunya. Exynos telah digunakan di beberapa pasar dan beberapa perangkat, yang sebelumnya memberikan hasil yang baik. Kapasitas RAM pun sama sebesar 3GB.

Dari dua perangkat tersebut, ponsel Samsung memang terasa lebih cepat dalam urusan prosesor yang diusungnya. HTC memiliki beberapa unsur itu namun kelemahannya ada pada user interface yang kurang menarik. Tapi ketika datang ke beberapa hal seperti membuka pertandingan besar atau hanya memulai telepon, pastinya Samsung bakal memimpin sebagai juara.

Pertempuran dalam urusan baterai

Dalam perubahan dari tahun-tahun sebelumnya, kini Samsung Galaxy S6 memiliki unit yang tersegel, artinya baterai bakal non-removable atau baterai tertanam, jadi Anda tidak bisa lagi mengganti baterai sesuka hati. Samsung Galaxy S6 memiliki kapasitas baterai sebesar 2550 mAh.

Sedangkan HTC One M9, biar bagaimanapun ponsel ini lebih unggul dari Samsung dalam urusan baterai, yang mana ponsel HTC One M9 memiliki kapasitas baterai lebih besar, yakni sebesar 2840 mAh. Jelaslah bahwa HTC memiliki kapasitas yang lebih tinggi dari Samsung. Untuk kali ini, urusan kapasitas baterai diungguli oleh HTC.

Selain itu, Samsung Galaxy S6 menawarkan pengisian baterai nirkabel built-in, sedangkan HTC tidak. Meskipun keduanya menawarkan pengisian baterai yang cepat, Samsung mengklaim untuk menawarkan pengisian baterai tercepat pada ponsel andalannya itu

Entah itu perangkat yang selangkah lebih maju selama dan dari tahun sebelumnya, namun HTC memiliki kinerja yang sedikit lebih baik dalam urusan baterai. Samsung bakal goyah pertama kali pada hari yang berat nantinya.

Tampilan yang mempesona

Samsung Galaxy S6 memiliki layar seluas 5.1 inci dengan Quad HD display dengan kerapatan piksel 577 ppi. Jelas Samsung menampilkan kualitas terbaik untuk resolusi ponsel yang sangat tajam. Seperti pada perangkat sebelumnya itu dengan mengusung panel Super AMOLED.

HTC One M9 berukuran layar yang sama dengan Samsung Galaxy S6, yakni seluas 5 inci berdimensi 1920x1080 piksel serta dengan kerapatan piksel 440 ppi. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh, bukan? Meskipun secara visual, peningkatan Samsung dalam resolusi layar tidak menghasilkan detail ekstra yang membuat perbedaan mencolok pada perangkat andalannya.

Namun, SGS6 tidak dimiliki pada ponsel andalan milik HTC, namun lebih memfokuskan pada kualitas warna. Keduanya memiliki sudut pandang yang berbeda jauh, tetapi HTC tampak lebih baik yang mampu menghasilkan warna layar lebih cerah, putih bersih berkat panel LCD-nya.

Satu hal yang kecil yang perlu diingat adalah bahwa HTC telah memiliki kontrol pada layar. Itu berarti Anda mendapatkan sedikit lebih banyak ruang pada ponsel Samsung yang memiliki kontrol kapasitif di bawah layar.

Perbedaan kualitas kamera

Pada waktu sebelumnya, HTC telah membuat beberapa pilihan kamera yang inovatif di masa lalu, tapi untuk kali HTC One M9 lebih konvensional, dengan mengusung resolusi kamera yang sangat menakjubkan, yaitu resolusi kamera utama (belakang) sebesar 20 MP dan 4 MP UltraPixel pada kamera depan.

Kedua bagian kamera dari ponsel HTC tersebut bisa dikatakan suatu pasangan yang serasi, karena sebagai sensor UltraPixel sangat cocok dalam pengambilan gambar saat kondisi cahaya rendah atau minim pencahayaan, sehingga sangat ideal untuk mengambil foto selfies. Meskipun sering memiliki titik merah muda pada bagian kedua kamera tersebut.

Di sisi lain, Samsung datang dari posisi yang kuat dalam urusan kamera, dengan perangkat sebelumnya seperti Note 4 yang sangat baik. Resolusi kamera belakang sebesar 16 MP dan kamera depan sebesar 5 MP sebagai pasangan yang baik, dengan aplikasi kamera baru yang dirombak dan dirancang untuk menjadi sesuatu yang benar-benar sederhana.

Hasilnya memang terlihat mengesankan. Samsung Galaxy S6 memberikan konsistensi dengan hasil gambar yang berkualitas baik dari kamera, juga menawarkan Optical Image Stabilization yang selangkah di depan dari HTC One M9.

Samsung fingerprint scanner

Upaya kedua Samsung di sisi keamanan sidik jari telah ditingkatkan dengan baik, di mana SGS6 hanya perlu sentuhan. Kali ini, HTC One M9 tidak menawarkan tingkat keamanan seperti itu, sehingga Anda harus menggunakan metode keamanan ponsel lawas yang menggunakan password untuk membuka kunci.

Kesimpulan

Pengemasan dari kedua ponsel andalan dari masing-masing vendor gadget yang berbeda cukup mengagumkan. Keduanya menawarkan Android 5.0 Lollipop yang merupakan sistem operasi Android terbaru, hadir dengan penambahan dan revisi melalui TouchWiz dan Sense 7. Samsung telah meningkatkan kenyamanan bagi pengguna pada fitur Samsung Pay. HTC menawarkan banyak perbaikan dan kematangan.

Ada banyak kekuatan (power) untuk menjalankan beberapa aplikasi dan game terbaru, tapi tampilan SGS6 jelas lebih mampu untuk itu. HTC mungkin ditendang keluar dalam urusan baterai, tapi berkat penggunaannya lebih terkendali piksel yang baik.

Dalam urusan desain, kedua smartphone ini jelas berkelas premium, dengan logam mewah yang diusung HTC, dan Samsung menjauhkan ponsel andalannya dari bahan plastik, logam dan kaca. Banyak yang akan melihat Samsung sebagai pembuat langkah perubahan terbesar di sini, perubahan pada arah yang nyata, daripada perbaikan evolusi dari HTC.

HTC menawarkan daya tahan perangkat yang sedikit lebih baik, dan Samsung lebih menarik dengan kamera dan layar serta desain premium terbarunya.

Demikian  Review Samsung Galaxy S6 vs HTC One M9. Semoga anda bisa memilih dari yang terbaik. Atau sesuaikan dengan uang anda.
loading...

Artikel Terkait

Posting Terbaru