Selasa, 20 November 2012

3 Cara Pengaturan Tampilan OS X Lion Mountain

Pada OS X Mountain Lion, Apple memperkenalkan sejumlah perubahan, salah satu perubahan kecil yang berdampak pada saya adalah hilangnya menu bar pada kanan atas tampilan OS X.

Sebelum update, biasanya kita tinggal mencentang ikon pada menubar disisi atas pada tampilan OS X. Pada OS X Mountain Lion ikon menu bar tersebut hilang. Pada artikel ini, saya akan share 3 cara mudah mengubah dan mengelola pengaturan tampilan pada OS X Mountain Lion.

1. Gunakan Keyboard Shortcuts
Solusi yang paling sederhana dan mudah melalui System Preferences selanjutnya displays. Untuk pilihan resolusi pilih 'scale', sehingga anda akan dapat memilih resolusi yang berbeda secara manual. Tahan tombol option (alt) untuk menampilkan tombol Detect Displays.



Daripada anda kelamaan harus melalui System Preferences trus pilih display, anda bisa menggunakan shortcuts yaitu tahan tombol option (alt) pada keyboard Anda dan tekan salah satu tombol untuk mengatur kecerahan layar (biasanya F1 atau F2).

2. Display Menu
Menggunakan shortcut keyboard yang dijelaskan di atas banyak membantu anda untuk mempercepat, tetapi jika Anda ingin sesuatu yang lebih mirip dengan ikon menu bar OS X lama (dan tidak menolak untuk menginstal perangkat lunak pihak ketiga), Anda dapat menggunakan aplikasi bernama dispaly menu, yang tersedia di App Store secara gratis.



Setelah diinstal, Anda akan melihat tampilan icon di menu bar OS X anda. Untuk memilih resolusi yang diinginkan, anda tinggal pilih dengan meng-klik resolusi mana yang mau digunakan.

Sampai saya menulis sekarang, Menu Display tidak mendukung retina display MacBook pro. Jika Anda menggunakan macbook dengan retina display, anda bisa menggunakan QuickRes yang akan saya bahas dibawah ini.

3. QuickRes
QuickRes adalah aplikasi lain yang ditujukan untuk menambahkan opsi tampilan resolusi untuk menu bar Mac Anda. Aplikasi ini mempunyai fungsi sama dengan aplikasi Display Menu (dibahas di atas). Artinya, QuickRes juga memungkinkan Anda memilih resolusi layar on the fly dengan mengklik kanan ikon layar.



Namun, Anda juga dapat memilih apa pun dari dua sampai delapan resolusi tampilan yang diinginkan dalam preferensi aplikasi. Anda juga bisa menggunakan shortcuts keyboard (atau menggunakan option(alt) + cmd + R).
loading...

Artikel Terkait

Posting Terbaru