Dijual biji jagung Popcorn ukuran: 1. 200 gram = Rp. 8.000,- 2. 250 gram = Rp. 10.000,- 3. 500 gram = Rp. 20.000,- 4. 1000 gram = Rp. 40.000,- Bagi yang berminat hubungi : 089652569795 / pin bb: 7dfe719a / hubungi email : ricky_kurniawan01@yahoo.com
Tips Mengatasi Elektrik Starter Motor Rusak
Oleh Plasadana | Plasadana – 19 jam yang lalu
Ilustrasi (Tempo)
Penulis : NasirKetika ingin menghidupkan motor, tak sedikit pengendara memilih penggunaan starter elektrik pada stang kemudi. Namun sering pula starter tangan ini mengalami kerusakan. Hingga pengendara terpaksa menghidupkan motor menggunakan starter kaki.
Menurut Muhlis, mekanik Dunia Motor di Jalan Wolter Mongonsidi, Jakarta Selatan, starter tidak berfungsi karena penurunan daya listrik pada aki. Bisa juga karena kerusakan pada dinamo, sakelar starter berkarat, dan relay starter atau bendik.
"Kerusakan starter tangan bisa terdeteksi dari suara motor," kata Muhlis, saat ditemui Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia, Jumat, 08 Agustus 2014. Kalau berbunyi kasar di bagian dinamo, berarti itu sumber kerusakannya. "Jika tidak berbunyi sama sekali, kerusakan bisa jadi pada sakelar, bendik, atau aki."
Ketika aki menjadi penyebab kerusakan, pengendara harus mengecek daya yang masih tersimpan. Stater tangan sendiri bisa berfungsi jika kekuatan aki di atas 50 Volt. Cek juga baut pada aki. "Kalau baut berkarat, pun bisa menjadi kendala menghidupkan starter tangan," kata dia.
Sementara kerusakan pada sakelar dan bendik terkadang karena tetesan air. Bisa juga terjadi kala pengendara memaksa menghidupkan meski elektrik starter tidak bisa menyala. "Itu juga salah satu yang menyebabkan sakelar dan bendik rusak."
Bila sumber kerusakan pada dinamo, pengendara perlu menelaahnya dulu. Andai bisa diperbaiki, maka masih bisa berguna. Jika telah menservis dinamo dan tetap terdengar suara bising, tombol starter pun tak berfungsi, sebaiknya pemilik kendaraan menggantinya. "Pasti ada yang jebol, entah itu laher ataupun arang," kata dia.
Agar starter tangan tetap awet, Muhlis mengisyaratkan pada jenis aki. Jika menggunakan aki basah, perlu mengeceknya sepekan sekali. Itu pun bila motor digunakan terus menerus. Sementara pengguna aki kering wajib memanaskan mesin setiap hari, kala motor tengah tak digunakan. "Itu fungsinya untuk pengisian, karena aki kering sensitif. Sekali rusak, sudah tidak bisa dipakai," ujar Muhlis.
Selain itu, pengendara mesti selalu mengecek baut aki agar tidak berkarat. Sebab jika berdaki akan berpengaruh pada elektrik starter. Dan itu juga yang menjadi faktor elektrik starter tidak berfungsi.
https://id.berita.yahoo.com/tips-mengatasi-elektrik-starter-motor-rusak-135426136.html