Jumat, 10 Juli 2009

G8 janji investasi pangan

Para pemimpin G8 dalam KTT di Italia telah menyepakati program 20 miliar dollar untuk meningkatkan pertanian di negara berkembang.

Investasi yang berjumlah 5 miliar dollar lebih banyak dari yang diharapkan akan mendanai prakarsa tiga tahun untuk membantu negara-negara miskin mengembang pertanian mereka sendiri.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan, masalah ketahanan pangan sangat penting bagi semua bangsa di dunia.

Negara-negara kaya memiliki kewajiban moral untuk membantu negara-negara yang lebih miskin, kata Obama.

Obama menambahkan negara-negara G8 telah setuju untuk mencurahkan 15 miliar dollar untuk prakarsa baru saat datang ke pertemuan hari Jumat, tapi kemudian menjanjian t miliar dollar lagi dalam pembicaraan mereka.

Menteri Perdagangan RI Mari Pangestu, yang hadir daam pertemuan G8 mengatakan kepada BBC, dana itu terutama ditujukan kepada negara-negara Afrika sub-Sahara.

Sementara itu, kepala Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, FAO, Jacques Diouf, menyambut pergeseran dalam kebijakan dari bantuan pangan ke investasi dalam sektor pertanian.

Namun, dia mengatakan, jumlah uang tersebut tidak cukup untuk menanggulangi seluruh kelaparan di dunia.

Dan, tidak jelas seberapa banyak dari dana tersebut dana baru. Badan-badan bantuan mengatakan, lebih dari 20 miliar dollar masih belum dipenuhi dari janji-janji serupa yang dikeluarkan dalam pertemuan puncak G-8 empat tahun lalu(bbc.co.uk)
loading...

Artikel Terkait

Posting Terbaru