Sabtu, 11 Juli 2009

Pemakaman Terbesar Sepanjang Sejarah

Kepergian musisi dunia menorehkan sejarah panjang dunia entertainment. Kematiannya pun membuat penggemar dan masyarakat umum turut mengantarkannya ke sebuah ritual pemakaman. Berikut ini lima pemakaman pelaku seni terbesar dalam dunia entertainment:

RUDOLF VALENTINO

Aktor asal Italia Rudolf Valentino, yang dijuluki sebagai simbol seks, meninggal pada 23 Agustus 1926 pada usia 31. Aktor yang kerap memainkan adegan panas itu tewas lantaran letupan euforia yang diluapkan para penggemar wanita secara berlebihan. Akibat dorongan dan himpitan itu, Rudolf yang juga dijuluki sebagai ikon pemikat wanita, akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya tepat dilokasi kejadian. Sekitar 100.000 orang memadati Kota New York untuk memberikan penghormatan terakhir kepada aktor kebanggaan publik Italia.

UMM KULTHUM

Tanggal 6 Februari 1975 dilakukan pemakaman penyanyi asal Mesir, Umm Kulthum yang dimakamkan di Kairo. Setidaknya ada sekitar 4 juta pelayat dari berbagai negara yang menghadiri pemakaman yang diklaim sebagai pemakaman pelayat terbanyak sepanjang sejarah. Dalam sebuah kesempatan, Virginia Danielson penulis biografi--menuliskan kisah perjalanannya dalam majalah Harvard berjudul "Imagine a singer with the virtuvirtuosity of Joan Sutherland or Ella Fitzgerald" ia disebut-sebut sebagai pewaris 'publik persona' layaknya Ibu negara Amerika Eleanor Roosevelt dan ia adalah seorang penyanyi yang paling hebat pada masanya dikalangan dunia Arab.


PUTRI DIANA

Publik figure berasal dari kerajaan Inggris, Lady Di mengalami kecelakaan mengerikan di terowongan Alma di Paris yang telah merenggut nyawanya. Lady Di dimakamkan pada 6 September 1997 dengan disaksikan kurang lebih 2,5 miliar orang diseluruh dunia. Serta 250.000 orang yang berkumpul di Hyde Park Alone untuk menyaksikan pemakaman itu. Sampai saat ini kematian Lady Di menjadi misteri oleh banyak kalangan. Ada yang mengatakan kematiannya sebagai upaya Diana menghindari dunia gaib yang menyelimuti kerajaan. Ada pula yang mengatakan sebagai pembunuhan berencana oleh penjual kembang dsb


ELVIS PRESLEY

Terkenal dengan sebutan The King of Rock n Roll atau The King, Elvis biasa orang menyebutnya adalah seorang pemusik pembawa budaya musik asli Amerika. Kematiannya tepat diusia 42 tahun, disebabkan oleh ketergantungan obat-obatan dan gangguan kesehatan lainnya. Karyanya yang paling hits sepanjang sejarah adalah "Trouble" yang juga dijadikan sebagai original sound track dari sebuah film di tahun 1968. Ribuan penggemar berkumpul di Memphis setelah berita kematiannya tersebar. Elvis dikebumikan pada 17 Agustus 1977 di Rumah Pemakaman Memphis. Lebih dari 75.000 penggemar turut menyaksikan pemakaman.


MICHAEL JACKSON

Dengan menghasilkan penjualan album sebesar 750 juta keping diseluruh dunia, hal itu menjadikan The King of Pop sebagai musisi solo pria tersukses. Diduga kematian Jacko disebabkan akibat mengkonsumsi obat melebihi dosis, namun pihak rumah sakit masih meneliti kebenaran kematiannya. Pemakaman Michael Jackson adalah yang terbesar dalam sejarah yang menyita perhatian publik hiburan dunia. Upacara pemakamannya disaksikan melalui televisi sekitar seratus juta orang diseluruh dunia. Upacara yang dilakukan di Stamples Centre juga dihadiri musisi dunia seperti Paul McCarney dan Elizabeth Taylor. Meskipun pihak keluarga meminta pemakaman secara private, namun itu hal yang mustahil untuk menjauhkan dari para penggemarnya.


loading...

Artikel Terkait

Posting Terbaru